Tuesday, August 18, 2015

METODE MENGGERAKAN KATUB



Sumbu nok digerakan oleh poros engkol dengan beberapa metode. termasuk timing gear,timing chain dan timing belt.sebagai esar mesin bensin TOYOTAmengunakan camshaft yang di geraan oleh belt,dan ada beberapa camshaft yang di gerakan oleh rantai.

dibawah ini model dari timing gear dan timing belt
1.model timig gear




Metode ini diguakan pada mekanisme katub jenis OHV (Over Head Valve).yang letak sumbu noknya di bagian bawah atau masih didalam blok silinder timing gear biasanya menimbulkan bunyi yang kasaar dibandingkandengan timing chain.

 Komponen Yang Terdapat Pada Timing Gear 

  1. camshaft
  2. crankshaft
  3. tmining gear
  4. valve lifter
  5. pus rod
  6. rocker arm
  7. piston 
  8. connecting rod
  9. valve sepring
  10. intake and exhauset valve
2.Model Timing Chain
Model ini digunakn pada mesin OHC dan DOHC (Duel Over Head Camshaft)
sumbu nok nya terletak di atas kepala silinder.Sembu nok d gerakan opleh rantai (timing chain) da roda gigi seprocket sebagai pengganti timing gear.

Tegangan rantai chain diatur olah chai tensioner,chain vibration getaran trantai dicegah oleh chain viberation dumper ,sumbu nok yang di gerakan oleh rantai hanya sedikit menimbulkan bunyi dibandingkan dengan roda gigi atau timing gear.


Kopompnen-Komponen Timing Chain


  1. timing gear
  2. crankshaft timing gaer 
  3. chain damper
  4. camshaft timing 
  5. chain tensioner gear
  6. camshaft timing gear
  7. chai vibriation 
  8. pump drive sahft gear 
  9. pump drive sjaft 
  10. valve rocker arm 1dan 2
  11. piston 
  12. intake valve 
  13. exhauset valve
  14. coneccting rod
  15. valve spring

0 comments

Post a Comment