Monday, October 26, 2015

Makalah kopling

A. rumah koplin,plate penekan,dan pegas penakan

Clutch cover unit terdiri dari atas pelat penekan,pegas penekan tuas penekan dan rumah kopling.
Ditinjau dari kontruksinya,clutch cover dibedakan menjadi tiga ,yakni boss drive type clutch cover,radial strap type clutch cover,dan corded drive type clutch cover.
Pada tipe boss drive palat penekan dipasangkan pada rumah kopling dengan boss sehingga kontruksinya kuat,namun perpindahan tenaga tidak bisa lembut.Pada tipe boss drive plat pnekan dihubangkan ke rumah kopling oleh strap (palt baja) dalam  arah radial dari boss.Adapun pada tipe corded strap drive plte peneka ditahan oleh tiga buah plat pada rumah kopling sehingga daya elastisitas pelat tersebut memugkinkan perpindahan tenaga ]dengan lembut.

Cara kerja kopling
   Kopling berfungsi untuk memindahkan tenaga secara halus dari mesi ke tranmisi melalui gesekan antara plat kopling dan fly wheel serta pelat penekan yang di kontrol oleh pengemudi   melalui mekanisme gerak kopling.
  Jika pedal kopling di tekan penuh ,tekanan pedal tersebut akan diteruskan oleh mekanisme penggerak sehingga akan mendorong pelat penekan akan melawan tekanan pegas penekan tidak terjadi sehingga putaran mesin tidak diteruskan
  JIka pedal kopling di tekan sebagian/setengah .Tekanan pedal tersebut akan diteruskan oleh mekanisme penggerak sehingga akan mendorong pelat penekan melawan sebagian /setengah tekanan pegas penekan sehingga tekanan pelat penekan ke fly wheel berkurang dan pelat kopling akan slip .Gesekan antara pelat kopling dan pelat penekan kecil sehingga putaran gaya mesin di teruskan sebagian.
  Apabila pedal kopling dilepas maka pegas akan kembali mendorong drive clutch denga penuh. Plat penekan menghimpit pelat kopling ke fly wheel dengan kuat sehingga gaya gesekan kuat dan berputar bersamaan. Dengan demikian putaran dan daya mesin diteruskan secara sepenuhnya (100%)tanpa slip.

Kopling magnet
Karena dinamakan kopling magnet karena untik mentransfer/meminda menggunakan gaya magnet.Magnet yang digunakan adalah magnet tetap yang dibangkitkan  dngan mengalirkan arus listrik kedalam sebuah lilitan kawat pada sebuah inti besi.Lisstrik yang dibangkitkan atau tersedia pada kendaraan adalah listrik arus lemah sehingga magnet  yang di bangkitkan tidak cukup kuat untuk dijadikan sebagai kopling pemindah daya utama.kopling jenis ini kebanyakan haya digunakan sebagai kopling pada kompresor aircondisioner.

Kopling satu arah(one way clutch free wheeling clutch/cover runing clutch)
  Kopling satu arah merupakan kopling otomatis yang memutuskan dan menghubungkan poros penggerak(drive shaft)dan yang digerakan (driven shaft)bergantung pada perbandingan kecepatan putran tersebut dan poros poros tersebut.Jika kecepatan driving lebih tinggi dari driven ,kopling bekerja menghbungkan driving dan driven.Jika kecepatan driving lebih rendah dri driven ,kpling bekerja memutuskan driving dan driven.Ada dua jenis one way clutch ,yakni sprag type dan roler typa.

Kopling hidrolik
   kenapa disebut kopling hidrolik karan untuk pentrasfer/mmindahnya memanfaatkan sistem cairan/vluida yang disebut sistem hidrolik .Tenaga hidraulic di tempatkan pada suatu wadah yang akan di sirkuasi dan cairannya akan terlempar oleh adanya gaya sentrifugal akibat putaran sehingga mempunya daya untuk memindah .


0 comments

Post a Comment